Site Search
News Updates!
------------------------------
News & Events
03/03/2013
Penerapan Adiwiyata SMA Negeri 80, pada akhirnya membawa hasil, menjadi wakil dari Jakarta Utara masuk ke Tingkat Provinsi
[ read more ]
03/05/2013
Penilaan masih berpihak pada SMA Negeri 80, untuk mewakili DKI Jakarta ke tingkat Nasional.
[ read more ]
 


Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian  atau makna: tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju keada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata adalah : salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah : menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian  hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian  Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Kemenangan bukan tujuan mutlak, namun untuk merubah kebiasaan buruk siswa serta warga sekolah lainnya menjadi peduli terhadap lingkungan, itu adalah prioritas utama. Seluruh warga Sekolah SMA Negeri 80 menginginkan terciptanya kondisi lingkungan yang lebih baik (berkurangnya efek rumah kaca, pemanasan global, kebanjiran dan penyakit endemik dsb.).


[ Read More ]